Keluarga Kerajaan Inggris dalam perangko


Perangko, sekeping kertas kecil yang berfungsi sebagai alat pembayaran bea pos ini pertama kali diperkenalkan di Inggris pada awal abad ke 19. Gambar-gambarnya yang menarik memikat untuk dikoleksi baik oleh anak-anak maupun orang dewasa. Tetapi seiring dengan berkembangnya teknologi, perangko tidak banyak lagi dipakai.

Di bawah ini dapat dilihat koleksi perangko bergambar anggota keluarga kerajaan Inggris seperti, Ratu Elizabeth II, serta anggota keluarga lainnya termasuk juga Lady Diana yang perangkonya paling banyak dicari.

Pernikahan emas Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip

Pada tanggal 20 Nopember 1947 Putri Elizabeth dan suaminya Duke of Edinburgh setelah upacara pernikahan menaiki kereta kaca kerajaan melalui ribuan rakyat Inggris yang mengelu-elukan kembali menuju Istana Buckingham (20p dan 43p).

Limapuluh tahun kemudian Sang Putri yang kini telah menjadi Ratu Elizabeth II bersama suaminya kembali dipotret untuk pembuatan perangko (terbit tanggal 7 Oktober 1997) dalam rangka memperingati ulang tahun perkawinan emas mereka (26p dan 63p).

Pangeran Charles dan Lady Diana


Tanggal 29 Juli 1981 Pangeran Charles, putra mahkota kerajaan Inggris menikah dengan Lady Diana Spencer yang cantik. Seluruh Inggris merayakannya dan hari ini dinyatakan sebagai hari libur nasional. Untuk menyambut hari bahagia ini diterbitkanlah perangko diatas. Selain negara Inggris beberapa negara lain juga menerbitkan perangko bergambar kedua mempelai tersebut seperti Australia dan Siprus.

Pangeran Andrew dan Sarah Ferguson

Di atas ini adalah perangko yang terbit dalam rangka menyambut pernikahan putra kedua Ratu Elizabeth II dari Inggris. Pada tanggal 23 Juli 1986, Pangeran Andrew menikah dengan Sarah Fergusson yang kemudian bergelar Duchess of York, gadis berambut merah dari desa Dummer di Hampshire.

Pangeran Edward dan Sophie Rhys-Jones

Pangeran Edward pertama kali bertemu dengan Sophie tahun 1993 di suatu pertandingan tenis amal. Keduanya mempunyai minat yang sama dalam olahraga seperti berkuda, menembak dan ski, dan juga senang berkarir.

Perangko di atas yang diterbitkan pada tanggal 15 Juni 1999 dimaksudkan untuk merayakan pernikahan putra bungsu Ratu Elizabeth II, Pangeran Edward dengan Sophie Rhys-Jones. Pernikahan berlangsung pada hari Sabtu 19 Juni 1999.

Lady Diana

Kematian Lady Diana secara tragis pada tanggal 31 Agustus 1997 telah membuat rakyat Inggris berkabung. Trotoar di depan 3 istana kerajaan di London tertutup di bawah tumpukan jutaan bunga. Ratusan ribu orang mengantri untuk menandatangani buku belasungkawa. Pesan-pesan simpati membanjir. Jutaan manusia berdiri di sepanjang rute yang dilalui pada upacara pemakaman maupun yang menonton lewat televisi. Perangko diterbitkan beberapa bulan sejak meninggalnya Mawar Inggris ini tepatnya tanggal 3 Pebruari 1998.

Manfaat mengumpulkan perangko antara lain adalah untuk mengenalkan tokoh-tokoh terkenal seperti pada perangko-perangko di atas. Selain itu juga menambah pengetahuan umum lainnya, karena perangko dapat menggambarkan keindahan alam dan budaya, serta merekam peristiwa penting dan bersejarah suatu negara. ————###————-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s