Car Boot Sale


Car boot sale adalah istilah yang dipakai oleh orang-orang di Inggris untuk menyebut kegiatan penjualan barang-barang (umumnya rumah tangga) yang menumpuk di loteng ataupun garasi rumah. Mereka mengemasi barang-barang tersebut dan memasukkannya ke dalam bagasi mobil (boot/trunk) dan bersiap-siap untuk menjualnya. Ini merupakan suatu cara yang bagus untuk mengosongkan garasi atau loteng mereka dan menukarnya dengan sejumlah uang. Car boot sale mirip dengan pasar loak di Indonesia, hanya bedanya jika pasar loak menempati lokasi yang tetap dan di buka secara rutin (setiap hari), maka lokasi car boot sale dapat saja berpindah-pindah dan tidak setiap hari ada. Di negara lain di Eropa seperti Jerman dan Belanda pasar seperti ini juga ditemukan dengan nama yang berbeda (flohmarkt di Jerman dan …… di Belanda).

Car boot sale dapat diadakan di berbagai macam tempat, biasanya lapangan terbuka, halaman sekolah, tempat parkir yang bertingkat, atau juga di sekitar pasar, bergantung lingkungan kehidupan di sana, pedesaan atau kota, pada hari dan bulan yang telah ditentukan.  Kegiatan ini dapat saja diiklankan lewat majalah atau koran lokal, atau juga melalui selebaran yang ditempel di area sekitar.  Sebagian merupakan kegiatan yang boleh dikata rutin, diadakan setiap hari Minggu, yang lainnya hanya di lakukan kadang kala. Car boot sale merupakan cara yang menyenangkan bagi banyak orang untuk menjual barang-barang rumah tangga yang sudah tidak dibutuhkan, tetapi mungkin diperlukan oleh orang lain. Suatu cara yang efektif untuk mendaur ulang benda-benda yang sudah tidak diperlukan. Di sini penduduk sekitar dapat saling bersosialisasi dan  mendapatkan barang-barang yang mereka perlukan dengan harga yang murah, karena pada umumnya barang yang dijual disini masih dalam kondisi baik. Banyak orang menyukai atmosfer car boot sale, sehingga juga menjadikannya kegiatan yang bersifat rekreasi.

Bagi mereka yang ingin mengambil bagian dalam car boot sale ini, diharuskan membayar sejumlah kecil bea keikutsertaan. Di area car boot sale, mobil-mobil diparkir dengan pintu bagasi yang dipenuhi dengan barang-barang yang bisa jadi milik teman atau famili atau milik sendiri dalam keadaan terbuka. Bila barang terlalu banyak bisa dibantu dengan meja lipat atau apa saja untuk menaruh barang dagangan. Bagi para pembeli terkadang (tidak selalu) juga diminta bea masuk sekitar 20p atau 50p (pence) sebagai sumbangan. Segala macam barang dijual disini, mebel tua, pakaian bekas, buku-buku, peralatan listrik, dan bahkan produk kebun mereka sendiri seperti bunga, sayuran dan tanaman lainnya.

Yang menyenangkan dari car boot sale antara lain adalah kita tidak memerlukan banyak uang untuk membuat waktu yang kita habiskan disini berharga. Bagi kolektor benda-benda antik atau unik, car boot sale menyediakan benda-benda menarik untuk dikoleksi dengan harga yang relatif tidak mahal. Harus cukup sabar dan awas mengamati dan mencari diantara tumpukan benda yang tidak menarik, apa yang diinginkan. Selain itu datang awal juga merupakan cara untuk mendapatkan barang yang ditawarkan sebelum diambil orang lain.

Di car boot sale tidak menerima pembayaran dengan kartu, dan juga mereka tidak menyediakan uang kembalian dalam jumlah besar, karena itu para pembeli harus membawa banyak uang tunai dalam pecahan kecil. Waktu terbaik melihat car boot sale adalah pada musim semi ketika cuaca cerah, pada musim dingin yang cenderung selalu mendung terkadang diperlukan senter untuk melihat benda yang ditawarkan.  Surprise surprise. Siapa tahu anda akan cukup beruntung menemukan suatu harta karun.

————————–

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s