Bertemu Lady Diana di Madame Tussaud’s Museum


Di London ada suatu tempat dimana kita dapat berjumpa dengan para pesohor dunia, bai dari masa lalu maupun kini. Tepatnya di jalan Marylebone, ada satu museum yang sangat terkenal di dunia, namanya Madame Tussaud’s. Koleksi museum yang di London ini merupakan yang terlengkap dibandingkan Museum Madame Tussaud’s lain seperti yang di Amsterdam, Belanda, maupun di Tokyo, Jepang. Di sana tersimpan lebih dari 400 patung lilin, mulai dari bintang film seperti Sylvester Stallone (Rambo), bintang olahraga, seperti Mohammad Ali, kepala negara, tokoh agama, dll. Patung-patung itu telah menghabiskan sekitar 1080 kg wax, atau setara dengan 16.000 batang lilin. Setiap patung di buat dalam waktu enam bulan dan menghabiskan biaya sebesar ₤30.000. Ratu Elizabeth II yang paling sering dibuat modelnya, yaitu 17 kali.

Sebagai salah satu objek pariwisata yang sangat diminati, tentu saja museum ini telah menyedot perhatian begitu banyak wisatawan, baik dalam negeri maupun mancanegara, tidaklah mengherankan kalau di depan museum tergantung tulisan yang artinya ‘harap luangkan waktu satu jam untuk antri tiket’. Memang demikianlah keadaannya, pada waktu-waktu sibuk seperti hari Minggu, pengunjung membludak, antrian bisa sangat panjang, meskipun harga tiket masuk relatif mahal.

Begitu memasuki arena museum kita akan dibawa ke suasana pesta taman pada malam hari. Lampion-lampion temaram bergelantungan di pohon buatan dan di langit-langit ruangan. Para pesohor dari dunia olahraga dan hiburan berbaur dengan para pengunjung. Kalau tidak teliti sukar untuk membedakan antara patung dengan para pengunjung. Suasananya tampak seperti hidup, ada patung yang tampak mengobrol, ada juga yang cuma berdiri, main piano, juga tertawa.

Berikutnya adalah ruang proses pembuatan patung. Di sini ada satu rak dinding yang penuh dengan bagian-bagian tubuh seperti kepala, tangan dan kaki patung yang belum sempurna. Juga ada patung Napoleon Bonaparte yang sedang tidur dengan dada yang naik turun tak ubahnya seperti orang yang sedang bernafas. Betul-betul seperti hidup.

Menginjak ruangan berikutnya akan dijumpai anggota keluarga kerajaan Inggris di masa lalu dan yang sekarang, para pesohor asal Inggris, negarawan dari berbagai negara serta tokoh agama. Ada Ratu Elizabeth I, Ratu Elizabeth II, Pangeran Charles, The Beatles, juga Lady Diana.

Memasuki Chamber of Horrors, atau ruang yang menakutkan mungkin kira-kira begitu, suasana yang lain terasa. Ruangan ini dibuat sedemikian rupa hingga tekesan menyeramkan. Suasananya remang-remang bahkan cenderung gelap, berdebu persis seperti gudang bawah tanah, dengan suara-suara atau jeritan yang menakutkan. Kalau sendirian di ruangan ini mungkin bisa merinding juga, tapi karena ramai-ramai, banyak pengunjung lainnya maka tidak terasa takut. Di sini terkumpul para tokoh-tokoh kriminal yang sangat jahat yang hidup di masa lampau, lengkap dengan tiruan penjara bawah tanah yang gelap, pengap dan berdebu. Juga ada peragaan hukuman pancung kepala dengan menggunakan guillotine. Terdengar suara berdebum tanda pisau guillotine telah melaksanakan tugasnya. Iihhh sungguh mengerikan. Juga ada upacara pembakaran hidup-hidup gadis muda Joan of Arc. Ia tengah berdiri di tengah kobaran api unggun dengan tubuh terikat di sebuah tonggak. Terdengar pula suara kemeretak api yang melalap kayu bakar. Sayang sekali larangan memotret diterapkan di ruangan ini.

Spirit of London adalah ruang terakhir sebelum mengantar ke pintu keluar. peragaan. Pengunjung dipersilahkan naik kereta api mini, dengan jalur memutar. Di kiri dan kanan di atas kepala masih banyak lagi patung-patung yang menggambarkan kehidupan Inggris di masa lampau. Ada patung yang sedang menulis dengan pulpen bulu angsa. Turun dari kereta api mini kita boleh memilih untuk istirahat sambil menikmati makanan kecil di kafe yang tersedia atau langsung keluar menuju ruang penjualan souvenir.

———————————————-#############——————————————-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s